Batasi 7 Makanan yang Sebabkan Penyakit Batu Ginjal

Ginjal termasuk organ yang sangat penting, terutama untuk sistem metabolisme yang bertugas mengatur sistem pembuangan racun dari dalam tubuh. Menjaga ginjal tetap sehat dan berfungsi sempurna harus dilakukan, karena kerusakan fungsi ginjal dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh yang berpotensi merusak ginjal. Salah satu  penyakit yang dapat merusak fungsi ginjal adalah batu ginjal. Batu ginjal banyak diderita para pria, namun wanita dengan  berat badan berlebih/obesitas sangat rentan menderita batu  ginjal. Batu ginjal sendiri  merupakan gumpalan mineral padat yang terbentuk dari kalsium dan oksalat serta asam urat yang  bersarang dalam saluran kemih. (9 Pekerjaan Ini  Buat Anda diCap Sebagai Pengangguran)

Batu Ginjal
Batu Ginjal
Banyak yang tidak menyadari jika penyebab utama penyakit batu ginjal adalah pola makan. Hem, kira-kira apa saja jenis makanan yang harus dihindari agar tidak  terkena batu ginjal? Agar lebih jelasnya, ada baiknya simak Batasi  7 Makanan yang Sebabkan Penyakit Batu Ginjal berikut ini : (Cara Mencegah dan Mengobati Ginjal Bengkak)

1.    Kafein

Minuman berkafein memang nikmat, namun jika berlebihan dapat menyebabkan batu  ginjal. Kenapa demikian?  Karena minuman berkafein dapat meningkatkan kadar kalsium dalam urine  sehingga memberatkan kinerja ginjal.  Minuman berkafein yang harus dibatasi, antara lain : teh, kopi dan  soda. (CAra Alami dan AMpuh Usir Lalat di Musim Hujan)

2.    Pemanis buatan

Penelitian menyebutkan, jika mengonsumsi pemanis  buatan dalam jangka panjang dapat merusak fungsi ginjal.  Oleh karena  itu,  usahakan gunakan pemanis alami yang lebih baik dan ramah untuk tubuh,  contohnya : madu.(Cara Membuat Bumbu Olesan Jagung bakar yang Nikmat)

3.    Daging

Kandungan  protein dan asam urat  dalam daging dapat memicu pembentukan  batu ginjal yang lama-kelamaan dapat sebabkan kerusakan pada ginjal. Kenapa demikian?  Limbah protein dan asam urat sangat sulit dikeluarkan oleh ginjal. Oleh karena itu, batasi konsumsi daging dan perbanyak buah dan sayur yang lebih menyehatkan. (Buah dan Sayur yang Aman untuk Penderita Sakit Maag)

4.    Makanan asin

Sering mengonsumsi  makanan  yang  mengandung sodium  kurang b aik untuk kesehatan ginjal, karena sodium  memicu  terbentuknya batu ginjal. Oleh karena itu,  hindari makanan  yang  mengandung banyak garam. (Tanda-Tanda Akan Melahirkan yang Wajib Anda Tahu)

5.    Minuman berkarbonasi

Minuman berkarbonasi memang menyegarkan tubuh untuk sementara, namun kebiasaan ini  dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. DIantara minuman berkarbonasi yang harus dibatasi atau dihindari, antara lain :  minuman bersoda, minuman energi, dan jus kemasan. (Aneka Resep AYam yang Nikmat dan Menggugah Selera)

6.    Makanan kaya purin

Mengonsumsi makanan  tinggi purin dalam jangka panjang dapat meningkatkan risiko penyakit batu ginjal. Diantara makanan yang kaya purin, antara lain :  sarden, kuning telur, daging, dan lain sebagainya.

7.    Produk susu

Kalsium tinggi memang baik untuk tulang, namun bagi Anda yang memiliki masalah pada ginjal, kalsium bisa menjadi musuh terbesar  Anda. Kenapa demikian? Karena  kalsium dapat menyebabkan  meningkatnya ekskresi  kalsium pada urin  sehingga  limbahnya  sulit  dibuang  dan memicu penumpukan  batu  ginjal.
Dengan membatasi atau menghindari makanan  yang tersebut diatas,  kita dapat mengurangi  risiko  terkena penyakit batu  ginjal.  Semoga informasi yang  berjudul Batasi  7 Makanan yang Sebabkan Penyakit Batu Ginjal diatas dapat bermanfaat bagi kita semua.
Loading...
Previous
Next Post »